Skip to main content

Candi


Dari dulu aku sudah benci sekali dengan yang namanyasejarah. Kenapa kita harus mengingat ingat masa lalu?
Tapi sepertinya aku akan menyukai kegiatan yang satu ini. Biasanyakita akan pergi ke museum penuh dengan barang barang bekas yang berdebu, dantak boleh tersentuh tangan. Sedang untuk hari ini, aku akan pergi ke tempatyang konon menyimpan penuh misteri. Pak Ismi, guru sejarahku yang sukanya nakutnakutin muridnya pernah bercerita bahwa neneknya dulu tidak percaya kalau jikaArca Sri Rajapanti berubah arah, ada seseorang yang meninggal dunia.Neneknya menggoreskantanda panah di salah satu bagian wajahnya, dan beberapa hari kemudian arcanyaberbalik dan neneknya meninggal dunia. Yang anehnya lagi, neneknya meninggalkarena dia bunuh diri, menggunakan pisau.

Sepertinya ini akan sangat menarik, bagaimana kalau paramurid pada ketakutan dengan arca itu dan tak mau dekat dekat dengan arcanya? Pastiakan lucu sekali jika Olin kudorong ke dalam candinya, tempat arca itu tinggal.
Tepat pada tengah harinya, kami berangkat dengan naiksepeda. Agak jauh dari kota, tempatku tinggal. Tapi sepertinya bisa menurunkanbeberapa gram lemakku ini. Dan tak lama kemudian, aku melihat batu batuberlumut berserakan di mana mana.

Pak Ismi turun dari sepedanya dengan sangatperlahan,kemudian maju ke barisan paling depan dan naik di atas batu yang agaktinggi. Yah, dia memang pendek, tapi aku suka caranya membuat kita merasa dialebih tinggi.
“Ok, anak anak, ini adalah reruntuhan candi gayatri.”, pakismi terus mengoceh, dan aku pergi diam diam ke belakang reruntuhan, melihatlihat ke tengah reruntuhan, dimana lubang besar berisi arca Sri Rajapanti.
Ada tanda dilarang masuk yang diterjemahkan ke tiga bahasa,bahasa inggris, jawa kuno (aksara), dan bahasa Indonesia. Bukannya aku tidakbisa membaca, tapi sepertinya rasa keingintahuanku mendorongku untuk masuk kedalam lubang tersebut.

Aku mendongak ke dalam, belum berani memasukkan seluruhbadanku ke lubang tersebut. Cahaya matahari yang terang membuatku dapat melihatsamar samar. Hanya ada sebuah patung, bukan patung, Arca. Arca Sri Rajapantiyang sedang menutup mata, sambil melipat tangannya dengan apik dengan macammacam perhiasan. Arahnya ke selatan, dan aku melihat ada goresan kecil dipipinya, kurasa pak Ismi benar.
Tapi aku masih belum berani masuk ke dalam. Terlalu gelap. Apalagidengan mitos yang lainnya, kalau bukan hari manten Kucing, nggak boleh ada yangmasuk. Mungkin tak tertulis di papan tadi, tapi aku tau. Oh hebatnya diriku.

 Tapi kemudian kulihatpasir pasir di sekitarnya bergerak, terus bergerak dengan pelan. Aku hanyamelihatnya samar samar, dan aku tidak merasakan suatu getaran. Ini gempa atauapa?, pikirku.

Aku mengeluarkan kepalaku dari sana. Patung Ganesa yangsudah berlumut mengkagetkanku, karena letaknya yang persis di depanku. Kenapa akutidak menyadarinya tadi?

Aku lihat gerombolan teman temanku sudah pergi menjauh kearea patung patung. Aku mencoba mendekati mereka dan mencoba tetap tenang dantidak memberitahukan gerakan gerakan tadi. Tapi saat gerombolan kami melewatilubang tadi, aku mendongak ke bawah dan mendapati kalau arcanya berbalik arah,ke utara. Jantungku serasa akan copot!

Setelah saat itu aku tak berani keluar rumah, sekalipununtuk urusan penting seperti sekolah dan yang lainnya. Aku selalu diam di kamardengan pengasuhku atau orang tuaku. Aku takut mati, aku belum siap!
“Kamu aneh tiga hari ini sayang.”, ibuku mengecup keningku, “apayang membuatmu ketakutan?”
Aku hanya menggeleng, aku tidak berani mengaku. Oh Tuhan, dilemmasekali aku saat ini, kalau aku memberitahukannya, mungkin ibunya malah jatuhpingsan dan dirawat dengan isntensif di rumah sakit, tapi bila tak diberitahu,bisa mati aku!

Lima hari berlalu dan aku masih nekad nggak mau pergi kesekolah. Suatu sore pak Ismi mendatangiku, -oh guru yang baik, perhatian sekalidengan muridnya- sambil membawa sekresek buah apel hijau.
“Saya pikir kamu sakit.”, katanya, tersenyum lebar padaku.

Ibuku menyuruhku berbincang bincang dulu di ruang tamubersama pak ismi. Beliau mengeluarkan bukunya yang tebal dan mengajarikuprivat. Wah wah, sepertinya ia tidak rela kalau seorang muridnya tidak mendapatilmu yang baik.

Tapi kemudian saat ibuku ingin membeli gula di warung depan,pak ismi berhenti mengoceh. Dirinya meletakkan semua buku bukunya.

“Mark …”, katanya, “maafkan aku … ini panggilan.”

Dirinya mengeluarkan pisau lipat dari saku jasnya, dansegera menggorok leherku yang belang.
Tidak sampai putus memang, tapi daging yang terbuka dengandarah yang bercucuran rasanya benar benar sakit. Tapi kemudian rasa sakit ituperlahan lahan menghilang, digantikan oleh rasa kaku.
Aku berbaring di rumah sakit setelah aku bangun. Aku merasasangat kaku, tak bisa menggerakkan tangan dan kakiku. Dan leherku rasanyanyeri.

“Tak ada lagi harapan untuknya, dia sekarat.”, aku mendengarsuara bisikan.
Apakah ia berbicara tentangku? Aku tidak sekarat! Aku baikbaik saja, aku hanya tidak bisa menggerakkan tubuhku! Hey kalian lihat aku!

Lalu kemudian aku melihat orang yang hampir membunuhku. Aku tidakbisa bicara ataupun menampar pipinya, aku hanya bisa menggerutu dalam hati. Dasarbajingan! Kenapa kau lakukan ini padaku? Apa salahku?
“Sudah kubilang ini panggilan.”, bisiknya.

Aku kaget, bagaimana dia bisa tau apa yang aku gumamkan? Tapiaku mencoba berfikir rasional dan terus bergumam.

“Tapi kenapa aku?”

“aku tidak tau”

“Memangnya siapa yang menyuruhmu melakukan itu?”

“Sang Rajapati yang menyuruhku.”

Aku diam sejenak. Apakah dia marah karena aku memasukkankepalaku ke dalam lubang rumahnya?
“Apakah kau yang memutar arcanya?”

Dan pak ismi hanya diam.


Candi Gayatri, adalah nama sebuah reruntuhan candi dikecamatan Boyolangu, Tulungagung Jawa Timur. Keberadaannya masih diminatibanyak orang, tapi kondisinya saat ini sudah ternodai oleh tangan tangan jailpara pencuri arca.

Arca ‘Sri Rajapanti’, beliau adalah nenek dari Hayam Wuruk. Saatini arcanya sudah dipindahkan ke museum dan dijaga ketat oleh pemerintah.

Patung Ganesa/Ganesha/Bathara gana adalah Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewapelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. Dewa yangsering dipuja oleh umat Hindu.

Dan yang pasti, mitos diatas ituhanya palsu. Kesamaan nama dan tempat hanyalah fiktif belaka. Judul sama akhirannya gaje kan? --"

Comments

Popular posts from this blog

Suck Bagung!

     Rintik rintik air hujan masih menetes deras di atas atap rumahku, dengan beralaskan kasur empuk dan KTT ku bersama Mark. Jam di dinding masih menunjukkan hari masih siang, tapi langit di luar sangat gelap gulita. Dengan rasa malas sedunia aku bangkit dan duduk di depan komputer.      Awalnya sih aku ingin mengerjakan tugas dari guru TIK-ku Pak Chabib. Editing Blog! Fyuh, blog-ku memang rada error, entah mengapa koneksinya lambat sekali. Aku jadi bingung mana yang harus disalahkan, blognya, atau modemnya?      Kubuka blog yang kubuat lebih dari setahun yang lalu, masih hancur hancuran, seperti dulu.       Dan tiba tiba ....      Tingting! Pesan dari sahabat terbaikku sepanjang masa, Fani.       "Cut, besok sore kamu apa ada acara?"      Dan karena pulsa yang tinggal Rp.8, akhirnya dengan terpaksa aku ngga bales sms-nya. I'm sorry Fani!!      Tapi sepertinya cewek satu ini ngga menyerah, dan dia kirim pesan lagi      "Ngga punya pulsa ya?

Lirik Lagu Westlife - En Ti De Je Mi Amor

Cuando ries veo salir el sol es algo increible yeah! Hay un angel que esta junto a mi por mi corazon Cuando ries ya no hay marcha atras es algo increible yeah! hoy tengo un angel frente a mi  por mi corazon (Hoy se) que estoy bien a tu lado tu amor es mio En ti deje mi amor y todo lo que soy te di mi corazon sin saber llegaste a mi interior y yo en ti deje mi amor Me salve cuando te encontre  es algo increible yeah! ya no vivo en el ayer hoy tengo amor (Hoy se) que estoy bien a tu lado tu amor es mio En ti deje mi amor  y todo lo que soy te entregaste a mi sin condicion te di mi corazon  si saber llegaste a mi interior y yo en ti deje mi amor Mi gran amor soñe que fueras tu cuando entraste en mi vida todo cambio En ti deje mi amor (Hoy) un hombre nuevo soy por fin estas en mi interior oh yeah! y yo en ti deje mi amor.

Jalan jalan

Ola Mishamigos! Biasanya kalo hari Sabtu pulang sekolah orang orang pada bobo siang, ntar malemnya sama pacar jalan jalan ke alun alun kota, atau yang paling parah ke kuburan mau .... oke jangan dibahas. Ini nih kerjaanku, abis pulang sekolah, kita (aku dan para serdadu Troll ku) pergi ke Nail Art deeket sekolah ... Nah, udah tau kan fungsinya Nail Art? Aku mau jadi feminim dikit, siapa bilang cewe ban Kuning Taekwondo kaya aku ini ngga feminim hehe ... Dan tadda! hasilnya kaya gini .... Alay dikit lah heheh .... Tangan kanan aku kasih motif Hitam Putih, Hitam buat backgroundnya dan ada huruf W yang artinya westlife ... kalo yang kanan aku kasi motif bunga perak, backgroundnya hitam tua ... Oke, setelah selesai di Nail Art, langsung deh bablas pulang nonton Supernatural yang season 6 ... Lompat lompat sih hehe ... Disini Cas (malaikat tanpa sayap yang selalu pake jas hujan dan suka makan burger) berhasil mengalahkan Rafael si malaikat 'Pure From God', buka